Entri Populer

Kamis, 13 Mei 2010

PENURUNAN KESADARAN

hai guys!! krn aq baru tau cara n manfaat dr blog, jd baru kali ini au posting materi-materi pemelajaranku d kuliah.:D
kali ini kami masuk di blok kegawatdaruratan medik and modul penurunan kesadaran. ini modul kedua dari blok ini. modul pertamanya adalah syok.
oke, aku akan ngejelasin beberapa hal yang aku ketahui dari penurunan kesadaran.
penurunan kesadaran adalah menurunnya kewaspadaan atau kesadaran dari seseorang. biasanya untuk mengetahui kesadaran seseorang itu di periksa dengan GCS (glasflow coma scale) dari skala 1-15, kesadaran ssorg dikatakan parah apabila GCS <8,>13. yag artinya apabila skala GCSnya besar berarti kesadarannya baik sebaliknya bila GCSnya kecil maka kesadarannya semakin buruk.
penyebab umum terjadinya penurunan kesadaaran adalah :
1. trauma kepala.
2. kelelahan ekstrim atau kurang tidur.
3. kejang.
4. stroke.
5. ganngguan jantung.
6. coma diabetic.
7. hipoglikemik.
8. ketoasidosi.
9. cedera kepala.
10. keracunan obat ( mis : antikonvulsan, antihistamin, benzodiazepim, digoxin, etanol, logam berat, hidrokarbon dll).
11. abnormalitas elektrolit.
12. infeksi.
kalo udah dalam keadaan kaya gitu, harus cepat-cepat dibawa kedokter (kecuali keracunan alkohol trus dia gak sadar, di biarin aja di pinggir jalan ;P, hehehe gak boleh ya? dokterkan harus nolong sapa aja).
pemeriksaan-pemeriksaan yang harus dilakukan kalo ada orang gak sadar tuch biasanya :
1. hitung darah lengkap.
2. elektrolit.
3. CT-Scan dan MRI.
4. EKG.
5. EEG.
6. X-ray lengkap.
7. urinalisis.
untuk pengobatan pada pasien atau penderita penurunan kesadaran itu tergantung dari penyebab penurunan kesadarannya. contohnya nich, kalo dia gak sadar karena infeksi (setelah berbagai pemeriksaan yang akurat) maka dia harus di beri obat antibiotik sesuai dengan bakteri, virus atau jamur penyebab infeksinya. atau penyebabnya karena trauma kepala maka harus ditangani trauma kepala yang di derita pasien. percuma kan kalo kita rawat mati-matian n kasih obat-obat untuk ningkatin kesadaranya tapi penyebab kematiannya kita gak atasin, kan nanti dia gak sadar-sadar cz penjahat utamanya gak di berantas. ;)

oke dech itu aja dulu yang aku posting ttg penurunan kesadaran kali ini. nnt kalo ada tambahan atau perbaikan lagi aku.... posting lagi donk :P.
maap ye kalo ada kalimat yang salah atau gak nyenangin d hati para pembaca blog yang budiman. boleh dech marah-marah d komentar posting ini tapi jangan d hacker y....:(.
kalo ada tambahan juga tolong d kaseeh tau yeeyy.. aku trima dech dengan segenap kesabaran dan kegembiraan. :)

eehhh... sbelumnya, agar para pembaca yang budiman lebih mendalami dan lebih memahami apa yang udah aku kasih tau (bacaan d atas tuw), aku kasih liat gambar pasien-pasien yang mengalami gangguan kesadaran... SELAMAT MENGALAMI ehh salaaahh SELAMAT MENYEKSIKAN!!! :D



ibu ini udah gak sadar 3 hari



sowry aku gak tau mereka gak sadar karena apa?? cz aku gak kenal keluarga atau dokternya sich.. :P kalian cari tau sendiri ya... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for U attention

assalamu alaikum Wr... Wb...

Foto saya
Somewhere In Indonesia, Timur Indonesia, Indonesia
Just me!

Laman